Sunday, December 14, 2014

Bunga Matahari ( sun flowers )



Bunga Matahari ( sun flowers ) Siapa yang tidak mengenal Bunga matahari, kwaci yang biasa kita makan kebanyakan berasal dari bunga matahri rasanya yang asin gurih membuat kita sekali makan rasanya tidak ingin berhenti. Tapi apakah kalian pernah melihat bunga matahari secara langsung?.. kebanyakan dari kita pasti belum pernah melihatnya secara langsung, di karenakan bunga Matahari ini jarang sekali di tanam di halaman rumah atau taman-taman kota, di karenakan bunga ini cukup tinggi dapat tumbuh 3- 5 m tergantung dari varietas bunganya.

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan                 : Plantae
(tidak termasuk)       Eudicots
(tidak termasuk)       Asterids
Ordo                      :  Asterales
Famili                    :  Asteraceae
Upafamili              :  Helianthoideae
Bangsa                  : Heliantheae
Genus                    : Helianthus
Nama binomial      : Helianthus annuus

Karakteristik
Bunga tumbuhan ini sangat khas: besar, biasanya berwarna kuning terang, dengan kepala bunga yang besar (diameter bisa mencapai 30cm). Bunga ini sebetulnya adalah bunga majemuk, tersusun dari ratusan hingga ribuan bunga kecil pada satu bongkol. Pada hari yang cerah, tandan bunga majemuk mengikuti pergerakan harian Matahari (asal nama tumbuhan ini), yang gejalanya disebut heliotropisme. Tumbuhan mendapat keuntungan 10% lebih fotosintesis karena pergerakan ini.

Bunga matahari dapat tumbuh 3 - 5 m, daun tunggal lebar, batang berdiri tegak berbulu dan jarang bercabang. Bunga tersusun majemuk. Terdapat dua tipe bunga: bunga tepi atau bunga lidah yang membawa satu kelopak besar berwarna kuning cerah dan steril, dan bunga tabung yang fertil dan menghasilkan biji. Bunga tabung ini jumlahnya bisa mencapai 2000 kuntum dalam satu tandan bunga. Penyerbukan terbuka (silang) dan dibantu oleh serangga.

Bunga Matahari berasal dari Amerika Tropik bagian utara (Meksiko), Bunga matahari merupakan bunga nasional Ukraina dan bunga resmi negara bagian Kansas, Amerika Serikat.

semoga bermanfaat nanti saya akan lanjutkan tentang manfaat, jenis dan cara menanam bunga matahari,.. terima kasih telah membaca artikel di blog kami.

Bunga matahari dapat juga dijadikan tanaman hias asal kita dapat menempatkan pada posisi yang baik




0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Footer1

FOOTER 2

Footer 3