Wednesday, November 26, 2014

Mengetahui klasifikasi Bunga kamboja



Mengetahui klasifikasi Bunga kamboja, sambil browsing dan berselancar di dunia maya mencari informasi yang lengkap mengenai bunga kamboja ini saya dapatkan data berikut dari wikipedia : 

kalasifikasi bunga kamboja
Kingdom : Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi : Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Ordo : Gentianales
Famili : Apocynaceae
Genus : Plumeria
Spesies : Plumeria acuminata Ait

      Bunga kamboja berdasarkan spesiesnya memiliki warna mahkota yang beragam. Ada yang berwarna putih cerah hingga merah gelap dan ungu. Kendati berbeda-beda, bunga kamboja memiliki morfologi yang sama. Bunga ini umumnya mempunyai lima helai mahkota. Namun pada beberapa kondisi, bunga ini dapat mempunyai empat dan enam helai mahkota bunga. Bunga kamboja yang demikian dipercaya memiliki kekuatan  supranatural. Meski hanya sekedar mitos, hal ini banyak dipercayai oleh sebagian orang.

      Dari klasifikasi tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa bunga kamboja memiliki nama latin Plumeria acuminata Ait. Nama latin tersebut sebetulnya tidak berlaku untuk setiap spesies bunga kamboja, karena sedikitnya ada hampir lebih dari 8 spesies bunga kamboja yang ada di Indonesia. Kedelapan spesies tersebut antara lain  Plumeria alba, Plumeria obtusa, Plumeria inodora, Plumeria pudica, Plumeria rubra, Plumeria stenophylla, Plumeria stenopetala, dan lain sebagainya.

Sebagai tanaman hias, jenis klasifikasi Bunga kamboja teryata cukup banyak, artikel selanjutnya kami akan menampilkan gambar dan foto Jenis-jenis Bunga kamboja.

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Footer1

FOOTER 2

Footer 3